Skip to main content

METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN


METODOLOGI PENELITIAN : 

Ilmu tentang metode teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data guna memperoleh pengetahuan dengan prosedur yang terpercaya.

Penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan Mengenai proses pendidikan

TUJUAN UMUM
PENELITIAN PENDIDIKAN

Menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, konsep, prinsip, dan generalisasi tentang pddkn

SYARAT-SYARAT PENELETIAN PENDIDIKAN

1. Dilakukan secara sistematis : sesuai dengan pola, teknik, prosedur ilmiah
2. Logis : berdasarkan logika berfikir ilmiah dan didukung teori.
3. Terencana : dirancang dengan sengaja apa, bagaimana, kapan, siapa, mengapa, di mana.

CIRI-CIRI PENELITIAN PENDIDIKAN

a. Obyektif (tidak bias, terbuka dan tidak subyektif).
b. Tepat atau persis, yaitu penggunaan kata/istilah teknis secara Benar sehingga tidak membingungkan atau salah tafsir.
c. Verifikatif, dapat dikonfirmasi atau direvisi oleh hasil penelitian lain.
d. Menerangkan, menyederhanakan masalah yang kopleks menjadi mudah/sederhana.
e. Empiris, didasarkan pada data kongkrit, bukan pemikiran semata.
f. Probabilitas, menawarkan pngthuan.probabilistis, bukan satu-satunya kebenaran

HAKIKAT METODOLOGI PENELTIAN

1. WHAT : Tema, masalah, obyek.

2. WHERE : Tempat, lokasi, setting

3. WHY : Alasan, Latar Belakang, Urgensi

4. HOW : Metode penelitian 

- Jenis peneletian (Lapangan, literer, kualitatif
atau kuantitatif)
- Penentuan Subyek dan Obyek
- Teknik pengumpulan data
- Analisis ( pendekatan, metode berpikir, teknik
penarikan kesimpulan)

5. WHEN : Waktu pelaksanaan

PETA WILAYAH PENELITIAN PENDIDIKAN
1. Pemikiran (gagasan, ide, pemikiran tokoh pendidikan)
2. Konsep umum (elaborasi ayat, hadits kitab undang2, piagam yg berhubungan dengan pendidikan).
3. Kurikulum pendidikan
4. Impelentasi kurikulum di lapangan (praktek pembelajaran).
5. Lembaga pendidikan (sej.perkembangan, manajemen, kebijakan).

MASALAH PENELITIAN PENDIDIKAN
Definisi :
Adanya kesenjangan antara idealitas dg realitas, teori dg praktek, atau yang seharusnya dengan yang senyatanya dalam masalah pendidikan.


Sumber Masalah :
1. Kepustakaan : buku-buku atau laporan penel.pendkn sebelumnya.
2. Forum pertemuan ilmiah : seminar pendidikan
3. Praktek pendidikan di lapangan

KARAKTERISTIK
MASALAH PENELITIAN YANG BAIK
1. Bisa dipecahkan (tersedia data, teori)
2. Clear (jelas rumusannya, fokus)
3. Signifikan (memiliki urgensi, kontribusi)
4. Etis (tidak bertentangan dengan norma, etika).

IDENTIFIKASI MASALAH
Dipertimbangkan :

Esensial :
1. menduduki urutan terpenting di antara masalah2 yang ada.
2. Urgen/mendesak untuk dipecahkan.
3. Bermanfaat bila dipecahkan

PERUMUSAN MASALAH
HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN :
a. substansi/isi masalah : berbobot dan orisinil.

- Berbobot : mempunyai nilai guna baik teoritis maupun praktis
- Orisinil : belum terjawab oleh teori maupun penelitian lain.

b. Formulasi rumusan masalah :
- diajukan dlm.bentuk kal. Pertanyaan.
- jelas, tajam, akurat.
- menghubungkan dua variabel atau lebih

c. Teknis : perlu memperhatikan kelayakan apakah dpt.dijawab secara empirik dengan penelitian yang akan dilaksanakan.

Comments

Popular posts from this blog

Anak Sekolah Sekarang, Cari Ilmu atau Hanya Bergaya ?

Ayo kita pergi sekolah.. ayo.. yah mungkin seperti cuplikan backsound dari iklan. Sekolah dan sekolah. Siapa sih yang gak pingin sekolah setinggi-tingginya sampai doctoral, hmmm mau mau. Yah di zaman 2012 yang katanya akan kiamat ini ternyata menurut analisa saya sekolah ada dua tujuan. Kalo tujuannnya positif ya enjoy enjoy aja tapi kalo tujuannya melenceng dari inti tujuan sekolah haduh ya hancur deh, kan sesuatu yang buruk itu akan menelan sesuatu yang baik karena pada dasarnya Sang Pemilik Nafas menciptakan kita kita ini dengan menganugerahi keburukan yang lebih banyak dari yang lebih baik. Yang buruk memang lebih banyak namun jika menggunakan yang baik walau sedikit akan menutupui yang buruk beda dengan kalo kita mengggunakan yang buruk wah pasti akan menghancurkan yang baik itu karena kan yang baik lebih sedikit. Paham?.. hehe. Masa remaja biasanya identik dengan masa SMA, ya bisa dibilang masa yang paling indah. Hallo.. indah ya indah jika kita serius...

Aku Sudah Tidak Perawan, Apa Kau Masih Menerimaku?

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, dan waktu yang semakin hari menggerogoti kita. Ya, kita antara kamu dan aku, sudah hampir 12 bulan kita memadu cinta menjalin sebuah kasih yang ingin berujung di pelaminan. Tetapi, masih ada sesuatu yang mengganjal di hati dan pikiran ku. Banyak masalah yang sudah kita lalui dan kita selesaikan bersama, tetapi tetap saja masih ada yang mengganjal dihatiku. Hingga suatu saat, aku pun menangis dan mengakui semuanya rasanya tak sanggup ku bohongi semua ini, ini adalah aib, aib yang sangat memalukan jelas Ani. Ya, aku lah Ani yang sudah mempunyai seorang kekasih atau biasa disebut pacar yang sangat baik denganku. Pacar ku orangnya terlalu baik dan sangatlah sabar, tetapi di belakangnya aku sudah munafik dan tak ku sangka aku mampu menutupi semua ini hampir 1 tahun lamanya. Banu, ya Banu dialah kekasihku orang yang sangat kucintai yang bisa menerimaku apa adanya. Tetapi, walaupun aku selalu berusaha terbuka padanya tetap s...

TUGAS : ILMU FILSAFAT

Ketika makan rujak akan terasa “enak”, jika direnungkan sebenarnya banyak pihak yang terlibat, baik sebelum maupun sampai pada bentuk rujak. Pihak-pihak mana sajakah yang terlibat? Unsur mana saja yang ada dalam tubuh kita yang terkait sehingga kita menyimpulkan bahwa rujak itu rasanya enak? Jawaban : “ Rujak”, walau belum dimasukkan ke mulut dan terasakan oleh lidah tapi melalui penglihatan dan penciuman sudah menggugah selera, sehingga jika melihatnya bahkan melihat penjualnya saja lidah kita sudah bergoyang ria. Tapi kadang kita berfikir sekalipun enak tetapi ternyata dalam proses pembuatannya rujak ini telah melibatkan banyak pihak. Siapakah mereka…??? Pihak-pihak yang terlibat dalam prosesnya, dari bahan baku hingga menjadi sebuah bentuk atau jenis makanan kecil yang disebut “rujak” adalah : Petani buah : yang menanam segala jenis buah yang menjadi bahan baku rujak seperti pepaya, mangga, jambu, jambu air, kedondong dan nenas. ...